Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > News

News Semua berita yg terjadi di dunia internasional ataupun lokal diupdate disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 18th December 2013
Gusnan's Avatar
Gusnan Gusnan is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2013
Posts: 27,623
Rep Power: 49
Gusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyak
Default Sepeda Motor Injeksi Disarankan Pakai Bensin Non-subsidi

:



Teknologi injeksi pada sepeda motor semakin �membumi�. Bahkan kabarnya, maksimal dua tahun ke depan, hampir semua produsen sepeda motor �menginjeksikan� semua tipe. Masalahnya, tak semua orang familiar dan sadar akan korelasi kualitas bahan bakar dan mesin berteknologi injeksi.


Banyak ditemui, masyarakat mengandalkan bensin murah bersubsidi dengan oktan rendah. KompasOtomotif teringat penjelasan GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, dalam berbagai kesempatan bahwa sebenarnya bensin beroktan tinggi lebih disarankan untuk segmen sepeda motor berteknologi injeksi.

�Bukan tidak boleh dan tidak bisa pakai premium, tapi tidak disarankan. Pengaruhnya pasti ada, terutama karena tingkat �kebersihan� bensin yang tidak baik, menyebabkan komponen FI (fuel injection) yang sensitif jadi mudah tersumbat,� terang Abidin.

Kompresi
Ditambahkan, mesin berteknologi injeksi rata-rata kompresinya dinaikkan. Mio Soul GT, misalnya, rasio kompresi 8,9:1 dinaikkan menjadi 9,3:1. Tujuannya untuk membuat sepeda motor lebih irit. Tetapi, tentu akan tercapai jika "minumnya" sesuai spesifikasi alias beroktan tinggi.

Semakin besar kompresi, semakin butuh bahan bakar berkualitas. Dengan memakai premium, gejala detonasi alias ngelitik cepat atau lambat muncul. �Pada dasarnya mesin injeksi minim perawatan, asal kualitas bahan bakar bagus,� jelas Abidin.

Mampet
Bukti berbicara! KompasOtomotif mencoba kroscek di bengkel-bengkel non-resmi yang sering mengerjakan sepeda motor injeksi. Salah satunya di Palmerah Barat, bengkel Abe Motor. Menurut Andri, salah satu mekaniknya, sering dijumpai pompa bensin sepeda motor sport injeksi macet karena minum premium.

�Gampang, ciri-cirinya aki tekor terus karena pompa bekerja lebih keras akibat kotoran menyumbat filter bensin. Nanti lama-lama injektornya yang mampet. Beda kalau pakai bensin oktan tinggi, enggak ada keluhan,� jelasnya kepada KompasOtomotif, Senin (16/12/2013).

Saran lain dari Andri, rajinlah mengecek kondisi aki. Sepeda motor injeksi memanfaatkan kontrol secara elektrik sehingga arus listrik yang tidak stabil dari aki akan berpengaruh cukup besar. Agar tak mudah tekor, hindari aksesori atau lampu-lampu yang banyak menyedot listrik dan tak sesuai spesifikasi.

Reply With Quote
  #2  
Old 19th December 2013
lapaksadis lapaksadis is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jan 2013
Posts: 439
Rep Power: 13
lapaksadis mempunyai hidup yang Normal
Default

wah, info yg bagus, kebetulan ane baru pake yamaha force injection.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:17 AM.


no new posts