Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 29th October 2010
holytyo's Avatar
holytyo holytyo is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Semarang samping Rubik
Posts: 24
Rep Power: 0
holytyo mempunyai hidup yang Normal
Default Sejarah kereta api di Indonesia dan dunia

hallo Juragan2 Ceriwiser sekalian
thread kedua ane nih ndan
semoga thread ane bisa nambah pengetahuan kita ya
khususnya di dunia perkeretaapian dunia
:blink:

check it out :courage:
Quote:
Spoiler for pengertian:
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong . Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.


Spoiler for sejarah kereta api dunia:
sjarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.


jenis jenis kereta api
Spoiler for lokomotif uap:
Kereta api uap adalah kereta api yang digerakkan dengan uap air yang dibangkitkan/dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara ataupun minyak bakar, oleh karena itu kendaraan ini dikatakan sebagai kereta api dan terbawa sampai sekarang. Sejak pertama kali kereta api dibangun di Indonesia tahun 1867 di Semarang telah memakai lokomotif uap


Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang dengan rute Samarang NIS-Tanggung yang berjarak 26 km, atas permintaan Raja Willem I untuk keperluan militer di Semarang maupun hasil bumi ke Gudang Semarang. Kemudian dalam melayani kebutuhan akan pengiriman hasil bumi dari Indonesia, maka Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1876 telah membangun berbagai jaringan kereta api, dengan muara pada pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.
[sunting] Berbagai Lokomotif Uap di Indonesia
Lokomotif uap milik Deli Spoorweg Maatschappij (tahun 1910-an)

lokomotif terkenal di amerika :
Lokomotif yang pernah ada dan sangat besar adalah yang ada Amerika Serikat, dimana akibat medan jelajah yang berat. Lokomotif tersebut antara lain adalah:
Big Boy 4-8-8-4

Salah satu Big Boy X-4014 milik Union Pacific AS :

Pada tahun 1941 Alco Locomotive Work di Amerika membuat 25 lokomotif uap yang super besar dan bertenaga hebat yang bernama Big Boy, konon lokomotif ini yang terbesar yang pernah ada di dunia. Loko ini dioperasikan oleh Union Pacific Amerika Serikat dalam mengarungi medan yang berat berpegunungan.

Pada tahun 1930 Union Pacific mempunyai pengalaman harus melakukan pertolongan pada jalur Ogden ke Wasatch (Amerika Serikat), dimana rangkaian kereta adalah seberat 3.600 ton dan dengan elevasi 1,14%. Oleh sebab itu Union Pacific menghendaki lokomotif yang super kuat. Big Boy dapat menarik rangkaian 3.600 ton, traksi 270,000 kg, sehingga diputuskan dengan konfigurasi 4-8-8-4 (artinga 8+8 roda penggerak, atau seri DD), dan kecepatan 150 km/jam, serta tekanan uap 300 psi.

Challenger 4-6-6-4
Salah satu lokomotif Challebger milik Union Pacific AS :

Union Pacific pernah pula memiliki 105 Lokomotif Challenger (Union Pacific 3985), yang dibuat pada tahun 1936 hingga 1943, dengan panjang 30 meter dan berat 500 ton, dan susunan konfigurasi roda 4-6-6-4 (artinya 6+6 roda penggerak, atau seri CC) dengan kecepatan 150 km/jam, jadi lebih kecil dari Big Boy. Loko ini terutama untuk barang, namun juga untuk penumpang pada jalur pegunungan di wilayah California dan Oregon.

Lokomotif UP 3985 dirancang oleh insinyur mesin kepala Otto Jabelmann pada 1941, dan merupakan bagian dari pesanan kedua dari versi kedua Challenger. Rancangan ini sangat mengandalkan pengalaman mutakhir dengan lokomotif 4-8-8-4 Big Boy, dan menghasilkan sebuah lokomotif dengan berat sekitar 287.577,5 kg dan disertai dengan 2/3 load tender yang beratnya mencapai 157.850,2 kg.

Tujuan mula-mula dalam menciptakan kelas Challenger adalah mempercepat operasi angkutan dari barat ke timur di Wasatch yang curam di Utah dan Wyoming barat. Wasatch sendiri ditaklukkan oleh Lokomotif Big Boy tanpa bantuan. Challenger dan Big Boy muncul tepat ketika lalu lintas meningkat dalam persiapan bagi keterlibatan Amerika dalam Perang Dunia II. [2].

Northern 4-8-4
Salah satu lokomotif Northern milik Union Pacific AS :

Lokomotif Northern mempunyai susunan roda 4-8-4 (artinya hanya dengan 8 roda penggerak, seri D), dioperasikan oleh Union Pacific sebanyak 45, dibuat pada tahun 1937 hingga 1944. Kecepatannya adalah 150 km/jam. Loko ini untuk penumpang dan barang, misalnya Overland Pacific, Portland Rose, dan Pacific Limited. Hampir semua jaringan Union Pacific memakai lokomotif ini.

Sebenarnya lokomotif ini ada 3 model. Model yang kedua mempunyai panjang 29 meter, dan berat 450 ton. Lokomotif ini dilengkapi deflektor asap (elephan ears) pada bagian depan pemanas air. Ini dimaksudkan untuk agar asap dibuang ke atas agar masinis dapat melihat ke depan dengan baik.

Di Indonesia pernah ada lokomotif uap dari berbagai jenis, antara lain:

* Lokomotif Uap Tahun 1871: Seri B Gorton, Manchester
* Lokomotif Uap Tahun 1880: Seri C Manchester
* Lokomotif Uap Tahun 1899: Seri BB Hartmann
* Lokomotif Uap Tahun 1904: Seri CC Hartmann
* Lokomotif Uap Tahun 1916: Seri DD ALCO (yang terbesar di Indonesia, kelas 2-8-8-0)
* Lokomotif Uap Tahun 1951: Seri D 52 Krupp

Di Indonesia tidak ada lokomotif super besar sepert Big Boy, Challenger, atau Northern (DD 50 atau DD 51 mirip Northern). Namun ada lokomotif bergigi di jalur Ambarawa-Magelang dan Sumatera Barat. Pada tahun 1950, Pemerintah RI melalui DKA (Djawatan Kereta Api) mengimpor lokomotif uap yang terakhir yaitu seri D 52 dari pabrik Fried Krupp di Essen, Jerman sebanyak 100 buah dengan sistem kopel 2-8-2. Lokomotif ini sangat kuat (bertenaga 1600 HP) dan dipakai di berbagai kebutuhan untuk penumpang, barang maupun angkutan batu bara. Setelah beroperasi sekitar 30 tahun (D 52), maka pengoperasian lokomotif uap berakhir seiring dengan adanya era peralihan traksi uap menjadi traksi diesel. Lokomotif uap yang masih tersisa berada di Ambarawa.


Spoiler for kereta api diesel:
Lokomotif diesel adalah jenis lokomotif yang bermesin diesel dan umumnya menggunakan bahan bakar mesin dari solar. Ada dua jenis utama kereta api diesel ini yaitu kereta api diesel hidraulik dan kereta api diesel elektrik
umumnya sampai sekarang negara kita masih memakai kereta api jenis ini...
Spoiler for gambar:


Spoiler for kereta api listrik:
Spoiler for gambar:
Kereta Rel Listrik, disingkat KRL, merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik. Di Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabotabek, dan merupakan kereta yang melayani para komuter (lihat KRL Jabotabek). Kereta rel listrik berbeda dengan lokomotif listrik.

Pada tahun 1960-an kereta api dengan tenaga listrik sempat tidak digunakan selama beberapa lama karena kondisi mesin lokomotif dan kereta yang tidak memadai lagi. Pada tahun 1976, PJKA mulai mendatangkan sejumlah kereta rel listrik dari Jepang. Kereta rel listrik yang kini digunakan di Indonesia dibuat pada tahun 1976, 1978, 1983, 1984, 1986, 1987, 1994, 1996, 1997, 1998, 1999, 2000 dan 2001. Pada saat ini juga digunakan sejumlah kereta rel listrik yang merupakan hibah (hadiah) dari Pemerintah Kota Tokyo, dan sejumlah kereta yang dibeli bekas dari Jepang.



mohon di rate ya ndan..
klo bisa bagi melonnya donk...
semoga bermanfaat:m059:

Reply With Quote
  #2  
Old 29th October 2010
esbeye esbeye is offline
Member Aktif
 
Join Date: Jun 2010
Location: Ready Melon banyak
Posts: 229
Rep Power: 0
esbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessedesbeye is blessed
Default

mantaps tread gini bikin wawasan nambah
Reply With Quote
  #3  
Old 29th October 2010
holytyo's Avatar
holytyo holytyo is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Semarang samping Rubik
Posts: 24
Rep Power: 0
holytyo mempunyai hidup yang Normal
Default

Quote:
Originally Posted by esbeye View Post
mantaps tread gini bikin wawasan nambah
Boleh ni ndan minta melonnya....:blink
Reply With Quote
  #4  
Old 29th October 2010
holytyo's Avatar
holytyo holytyo is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Semarang samping Rubik
Posts: 24
Rep Power: 0
holytyo mempunyai hidup yang Normal
Default

Quote:
Originally Posted by esbeye View Post
mantaps tread gini bikin wawasan nambah
Boleh ni ndan minta melonnya....:blink:
Reply With Quote
  #5  
Old 30th October 2010
zainal1982 zainal1982 is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 11
Rep Power: 0
zainal1982 mempunyai hidup yang Normal
Default

info bagus gan


nitip lapak gan..

Mp3 The Kube - Kubus Ajaib Pelantun Musik

Spoiler for thekube:



Mampir ke Blogstore The Kube

Reply With Quote
  #6  
Old 30th October 2010
grovenuha's Avatar
grovenuha grovenuha is offline
Member Aktif
 
Join Date: Oct 2010
Location: jakarta
Posts: 103
Rep Power: 0
grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!grovenuha hobinya dikasih cabe!
Default

wow baru tw ane ndan, ampe ane baca ampe abis nih..
nice share ndan...
Reply With Quote
  #7  
Old 30th October 2010
holytyo's Avatar
holytyo holytyo is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Semarang samping Rubik
Posts: 24
Rep Power: 0
holytyo mempunyai hidup yang Normal
Default

Quote:
Originally Posted by grovenuha View Post
wow baru tw ane ndan, ampe ane baca ampe abis nih..
nice share ndan...
sukses lapaknya ndan....
Reply With Quote
  #8  
Old 30th October 2010
holytyo's Avatar
holytyo holytyo is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Semarang samping Rubik
Posts: 24
Rep Power: 0
holytyo mempunyai hidup yang Normal
Default

Quote:
Originally Posted by grovenuha View Post
wow baru tw ane ndan, ampe ane baca ampe abis nih..
nice share ndan...
wah...map ndan...ane lum bisa ngasih
ane masih baru disini....:
ane boleh minta ??
Reply With Quote
  #9  
Old 30th October 2010
nairin's Avatar
nairin nairin is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jul 2010
Location: Bandung
Posts: 563
Rep Power: 17
nairin ceriwis bangetnairin ceriwis bangetnairin ceriwis bangetnairin ceriwis bangetnairin ceriwis bangetnairin ceriwis banget
Default

1 lagi pengetahuan baru...


Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 06:07 AM.


no new posts