Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
jonykebot's Avatar
jonykebot jonykebot is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,797
Rep Power: 16
jonykebot mempunyai hidup yang Normal
Default CN-295, Pesawat Terbaru Produksi Indonesia



Setelah lama memproduksi pesawat CN-235 dan NC-212, kali ini PT Dirgantara Indonesia (PT DI) akan memproduksi pesawat varian terbaru hasil kerja sama dengan Airbus Military, yaitu CN-295



Sekilas CN-295



CN-295 adalah pesawat angkut militer dengan mesin turboprop ganda yang diproduksi oleh Airbus Military di Spanyol, dan akan diproduksi oleh PT DI Indonesia.



CN-295 adalah pesawat yang dikembangkan dari pesawat CN-235 (yang dirancang bareng oleh Spanyol dan Indonesia) dengan adan pesawat (fuselage) yang diperpanjang, dengan kapasitas angkut 50% lebih besar serta mesin turboprop baru jenis PW127G. CN-295 pertama terbang tahun 1998, dengan pesanan pertama datang dari angkatan udara Spanyol.



Sejarah Operasional



Pesawat CN-295 telah dipergunakan oleh Angkatan Udara di 11 negara. Sampai 4 Agustus 2011, 85 pesawat CN-295 telah diproduksi oleh Spanyol (produksi Spanyol dengan nama C-295). 75 pesawat tengah aktif, dan satu telah jatuh dalam kecelakaan.



C-295 menjadi kandidat kuat untuk pesawat angkut Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force Joint Cargo Aircraft/JCA. C-295 juga menjadi kandidat pengganti pesawat de Havilland Canada DHC-5 Buffalo milik Angkatan Udara Kanada dan pengganti pesawat Antonov An-32 Angkatan Udara Peru.



Di Angkatan Udara Indonesia sendiri akhirnya C-295 menjadi pengganti pesawat Fokker F27, mengalahkan pesawat C-27 Spartan

An-32.



Varian

C-295M

Versi transport militer, dengan kapasitas 73 pasukan, 48 pasukan paratroops, 27 stretchers, 5 2.24 � 2.74 m (88 � 108 inches) pallets atau tiga kendaraan ringan



C-295MPA/Persuader

Versi patrol maritim/antikapal selam. Mempunyai 6 tempat senjata



AEW&C

Prototipe pesawat peringatan dan kontrol dini udara (AEW&C) dengan piringan radar 360 derajat. Radar AESA dikembangkan oleh IAI dan mempunyai sistem IFF yang terintegrasi.



Pengguna



Algeria - 6 pesawat

Brazil - 12 pesawat (dinamakan C-105A Amazonas)

Cile - 3 pesawat (versi C-295 MPA)

Kolombia - 4 pesawat (pesanan)

Ceko - 4 pesawat (pesanan)

Mesir - 3 pesawat (pesanan)

Finlandia - 2 pesawat

Ghana - 2 pesawat (pesanan)

Indonesia - 6 pesawat (pesanan, 3 dirakit di PT DI)

Jordania - 2 pesawat

Meksiko - 7 pesawat

Polandia - 12 pesawat

Portugal - 12 pesawat (5 dari 12 merupakan versi C-295 MPA)

Spanyol - 13 pesawat (dinamakan T.21)



Spesifikasi

General characteristics

Crew: Two

Capacity: 71 troops

Payload: 9,250 kg (20,392 lbs)

Length: 24.50 m (80 ft 3 in)

Wingspan: 25.81 m (84 ft 8 in)

Height: 8.60 m (28 ft 3 in)

Wing area: 59 m� (634.8 ft�)

Loaded weight: 9,250 kg (20,392 lbs)

Max takeoff weight: 23,200 kg (51,146 lbs)

Powerplant: 2 � Pratt & Whitney Canada PW127G Hamilton Standard 586-F (six bladed), 1,972 kW each (2,645 hp each) each



Performance


Maximum speed: 576 km/h (311 knots, 358 mph)

Cruise speed: 480 km/h (260 knots, 300 mph)

Range: 4,300 km (2,600 mi) 2,300 nmi; (with 4,550 kilograms (10,000 lb) payload)

Range with full payload: 1,333 km (828 mi; 720 nmi)

Ferry range: 5,220 km (3,240 mi; 2,820 nmi)

Service ceiling: 7,620 m (25,000 ft)

Takeoff run: 670 m (2,200 ft)

Landing run: 320 m (1,050 ft)



ane update gambarnya bentar lagi

sumber: wikipedia



bagi melon/rate5 dong om

tapi ane belom bisa bales.. belom ISO



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:19 PM.


no new posts